Kamis, 27 April 2017

Media pembelajaran dengan menggunakan power point



BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Di era modern dan serba teknologi saat ini, para pengajar dituntut bersifat dinamis terhadap perkembangan teknologi yang berkembang pesat. Jika sistem pengajaran yang digunakan oleh para pengajar masih bersifat konvensional, maka dikhawatirkan para peserta didik sulit berkembang dan mengikuti perkembangan teknologi di masyarakat.
Media Power Point ini merupakan salah satu alternatif pemecahan masalah dengan mengembangkan Microsoft Power Point sebagai media pembelajaran. Tujuan pengembangan Microsoft Power Point ini adalah untuk membantu guru dalam proses belajar mengajar dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
Berdasarkan hal di atas penulis akan membahas lebih jauh tentang bagaimana penggunaan Microsoft Power Point sebagai media pembelajaran. Alasan mengapa penulis memfokuskan pembahasannya tentang penggunaan Microsoft Power Point sebagai media pembelajaran, karena penulis ingin mengetahui sebarapa jauhkah penggunaan media tersebut bisa membantu atau mempermudah seorang orang guru dalam menyampaikan materi maupun ilmu pengetahuannya. 
Rumusan Masalah
Apa yang dimaksud mediapembelajaran interaktif?
Apa yang dimaksud media Power Point dan bagaimana sejarahnya?
Bagaimana Langkah-langkah pembuatan media persentasi?
Apa Saja Manfaat Power Point?
Apa saja kelebihan dan kekurangan dari Power Point?



BAB II
PEMBAHASAN
Media pembelajaran interaktif
Karakteristik terpenting kelompok media ini adalah bahwa siswa tidak hanya memperhatikan media atau obyek saja, melainkan juga dituntut untuk berinteraksi selama mengikuti layanan bimbingan konseling. Setidaknya ada dua macam interaksi.interaksi yang pertama ialah yang menunjukkan siswa berinteraksi dengan sebuah program, misalnya siswa diminta mengisi isian angket atau inventory pada program aplikasi tertentu dengan menggunakan komputer. Melalui interaksi ini pada akhirnya siswa mampu memahami diri dan memecahkan masalahnya, misalnya program pemahaman minat, program pegembangan diri, progam konseling interaktif dan sebagainya.
Bentuk interaksi yang kedua ialah interaksi antar siswa secara teratur, sebagai contoh berbagai permainan atau dinamika kelompok yang digunakan pada bimbingan kelompok, bimbingan klasikal da konseing kelompok.
Pengertian dan sejarah media Power Point
Pengertian 
Microsoft power point adalah software perkantoran yang dirancang khusus untuk sebuah presentasi. Presentasi akan berjalan baik, lancar dengan hasil sesuai dengan yang ada harapkan, jika anda mengoptimalkan penggunaannya. Sebuah persentasi hadir tidak hanya berada dalam lingkup satu ruang. Canggihnya era jaringan komputer didukung sepenuhnya oleh Microsoft Power Point.
Persentasi merupakan metode pembelajaran dengan cara penyampaian melalui penjelasan informasi oleh penyampai materi ( dosen, guru, instruktur atau mahasiswa yang ditugasi untuk memaparkan sesuatu baik ide, gagasan ataupun penemuan). Presentasi merupakan proses komunikasi, yang terdiri atas penyampaian pesan (presenter), pesan itu sendiri yakni berbagai informasi yang ingin disampaikan, dan audiens atau penerima pesan yakni orang yang menerima penjelasan.
Tampilan Microsoft Power Point terdiri dari beberapa bagian antara lain: Title Bar adalah bagian Microsoft Power Point yang berisi nama file dan nama program yang sedang diaktifkan. Menu Bar adalah barisan menu-menu yang disajikan program power point yang didalamnya berisi perintah yang memiliki fungsi sendiri-sendiri seperti File, Edit, View,Insert, Tools, Slide Show, Window, Help. Didalam menu tersebut terdapat menu yang disebut submenu, masing-masing submenu telah dikelompokkan sesuai kriteria fungsinya. Seperti Save terdapat didalam File, Undo terdapat dalam Edit dsb. 
Sejarah 
Aplikasi Microsoft PowerPoint ini pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin sebagai Presenter untuk perusahaan bernama Forethought, Inc yang kemudian mereka ubah namanya menjadi PowerPoint.
Pada tahun 1987, PowerPoint versi 1.0 dirilis, dan komputer yang didukungnya adalah Apple Macintosh. PowerPoint kala itu masih menggunakan warna hitam/putih, yang mampu membuat halaman teks dan grafik untuk transparansi overhead projector (OHP). Setahun kemudian, versi baru dari PowerPoint muncul dengan dukungan warna, setelah Macintosh berwarna muncul ke pasaran.
Microsoft pun mengakuisisi Forethought, Inc dan tentu saja perangkat lunak PowerPoint dengan harga kira-kira 14 Juta dolar pada tanggal 31 Juli 1987. Pada tahun 1990, versi Microsoft Windows dari PowerPoint (versi 2.0) muncul ke pasaran, mengikuti jejak Microsoft Windows 3.0. Sejak tahun 1990, PowerPoint telah menjadi bagian standar yang tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office System (kecuali Basic Edition).
Versi terbaru adalah Microsoft Office PowerPoint 2010 (PowerPoint 14), yang dirilis pada bulan Juni 2010, yang merupakan sebuah lompatan yang cukup jauh dari segi antarmuka pengguna dan kemampuan grafik yang ditingkatkan. Selain itu, dibandingkan dengan format data sebelumnya yang merupakan data biner dengan ekstensi *.ppt, versi ini menawarkan format data XML dengan ekstensi *.pptx.

Langkah-langkah pembuatan media persentasi
Membuka program
Klik tombol start> kemudian klik All Program> arahkan crusor ke Microsoft > dan klik file Power Point.
Mulai menulis
Setelah jendela power point (jendela presentasi/slide) muncul,sekarang tuliskan teks pada setiap frame sesuai naskah yang telah anda buat. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
Klik to add tittle lalu ketik judul utama naskah yang anda buat > pilih jenis dan ukuran huruf (font) nya.
Klik to add subtitle untuk menuliskan sub judul> piih jenis dan ukuran huruf (font).
Untuk memilih jenis dan ukuran huruf: klik kotak font dan pilih jenis huruf (font) yang anda sukai (inggat pilih huruf yang tingkat keterbacaanya tinggi). Untuk memilih ukuran huruf, klik kotak font size kemudian pilih besarnya huruf yang sesuai dengan tingkat keterbacanya. 
Memberi Warna Teks
Blok atau klik dengan mouse pada judul yang anda tulis
Pilih warna huruf yang terdapat pada simbol yang ada pada di bawah layar atau panel di sebelah kanan atas.
Membuat Animasi Teks
Klik teks judul yang anda tulis, dengan menggunakan mouse sebelah kanan > dan pilih custom animation pilih dan klik pada add efect maka muncul beberapa bentuk animasi.
Pilih salah satu jenis animasi, misalnya> klik entrance kemudian pilih salah satu dari beberapa pilihan.
Memberi Background pada tampilan slide
Klik kanan lalu pilih format beckground kemudian pilih picture or texsture fill
Memasukan Gambar dengan teknik insert
Arahkan mouse pada toolbar >pilih insert arahkan mouse pada picture
Klik from file...
Cara memasukan vidio dengan teknik insert
Klik insert> klik movie and sound dan klik movie from file > kalau menyimpan di my document, maka klik my document> cari file vidio yang anda simpan misalnya klik pada pilih vidio>klik OK> klik Automatically maka vidio anda inginkan itu dapat dilihat dipersentasi yang anda buat.
Membuat hyperlink pada media persentasi
Buat desain tampilan dalam bentuk tombol (button), lalu anda ketik masing-masing topik atau sub topik yang akan anda uraikan.
Klik tombol (button) atau blok pada kalimat yang akan dihubungkan (di link) dengan mouse> klik insert pada panel toolbar diatas >klik hyperlink >pilih slide yang dituju> klik OK.
Setelah mengeklik OK,maka tombol (button) atau kalimat yang mempergunakan Hyperlink akan terlihat ada garis dibawahnya.
Untuk mengaktifkan Hyperlink: tekan shift+F5 pada keyboard > arahkan mouse pada tombol (button) atau kalimat yang bergaris bawah > ketika muncul gambar tangan sedang “menunjuk” maka klik pada tombol (button) atau kalimat yang anda buat sudah terhubung dengan penjelasan yang ada di slide yang di link-kan atau di hubungkan.
Manfaat Power Point
Power point juga memiliki banyak manfaat, diantaranya: 
Siswa akan lebih memperhatikan selama proses pembelajaran karena model pembelajaran yang menarik.
 Siswa akan lebih mudah mengingat materi yang diberikan guru
Guru lebih mudah dalam menyampaikan materi karena sudah diatur menggunakan slide-slide
Selama proses pembelajaran tidak akan membosankan Karena penyampaiannya lebih interaktif dan menarik.

Keunggulan dan Kelemahan Media Power Point
Banyak orang yang menggunakan power point sebagai media pembelajaran, hal itu dikarenakan program ini memiliki beberapa keunggulan, antara lain sebagai berikut:
Penyajiannya lebih menarik karena adanya warna huruf dan animasi.
Guru tidak perlu banya menerangkan bahan ajar yang sedang disajikan.
Pesan yang disampaikan mudah dipahami, apalagi jika slide yang ditampilkan tidak membosankan dan menarik.
Mudah dibawa kemana-mana, dengan memindahkan file ke dalam CD ataupun flashdisk.
Jadi, dapat disimpulkan bahwasannya dengan banyaknya keunggulan yang dimilki oleh power point sebagai media pembelajaran, berarti sudah jelas sekali bahwa power point dapat mempermudah para pengajar dalam menyampaikan materinya dan juga para siswa lebih mudah menerima materi yang disampaikan oleh guru.
Selain memiliki keunggulan, power point juga memiliki berbagai kelemahan, kelemahan-kelemahannya antara lain sebagai berikut:
Harus ada persiapan waktu dan tenaga dalam mendisain materi pada microsoft office power point.
   Guru harus menyiapkan PC utuk presentasi di depan kelas.
Guru harus mengetahui ruangan yang digunakan, agar pada saat menyampaikan proses pembelajaran dengan media microsoft office power point tidak terjadi hambatan seperti font yang tidak terbaca karena ruangan terlalu terang ataupun terjadi pemadaman listrik.










BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Microsoft power point yaitu perangkat lunak (software) yang mampu menampilkan program multimedia dengan menarik, mudah dalam pembuatan dan penggunaanya relatif murah. Sejarah dari Microsft office power point sendiri yaitu sebuah aplikasi Microsoft Power Point ini pertama kali dikembangkan oleh seorang karyawan perusahaan bernama Bob Gaskins dan Dennis Austin sebagai presenter untuk perusahaan bernama Forethought, Inc yang kemudian mereka ubah namanya menjadi Power Point. 
Manfaat dari microsoft office power point yaitu Siswa akan lebih memperhatikan selama proses pembelajaran karena model pembelajaran yang menarik.Siswa akan lebih mudah mengingat materi yang diberikan guru. Guru lebih mudah dalam menyampaikan materi karena sudah diatur menggunakan slide-slide. Selama proses pembelajaran tidak akan membosankan Karena penyampaiannya lebih interaktif dan menarik.
Adapun Keunggulan dari microsoft office power point yaitu:Penyajiannya lebih menarik karena adanya warna huruf dan animasi. Guru tidak perlu banya menerangkan bahan ajar yang sedang disajikan. Pesan yang disampaikan mudah dipahami, apalagi jika slide yang ditampilkan tidak membosankan dan menarik. Mudah dibawa kemana-mana, dengan memindahkan file ke dalam CD ataupun flashdisk. Selain keunggulan power point juga memiliki kelemahan, diantaranya yaitu: Harus ada persiapan waktu dan tenaga dalam mendisain materi pada microsoft office power point. Guru harus menyiapkan PC utuk presentasi di depan kelas. Guru harus mengetahui ruangan yang digunakan, agar pada saat menyampaikan proses pembelajaran dengan media microsoft office power point tidak terjadi hambatan seperti font yang tidak terbaca karena ruangan terlalu terang ataupun terjadi pemadaman listrik.

DAFTAR PUSTAKA
Mochamad Nursalim, Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling,(Jakarta: Akademia Permata 2013), hlm.21
Laboratorium Sertifikasi Unisbank. 2004. Microsoft Office XP. Yogyakarta: Andi
Sanjaya Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Jurnal Resmi Universitas Kristen Satya Wacana (T1_292008026_BAB II.pdf yang diakses pada tangga l 8 April 2015.
Drs. Daryanto.2010. Media Pembelajaran.Yogyakarta: Gava Media. 
Jurnal Resmi (Penggunaan Media Microsoft Office Power Point Yang Bai
Dalam Proses Pembelajaran karya Riski SW Universitas Sriwijaya yang diakses
pada tangga l 8 April 2017 
  (http://andriyalina.blogspot.com/2013/07/pemanfaatan-powerpoint-dalam pemberian.html yang diakses tanggal 9 April 2015.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar